Cari Blog Ini

Jumat, 11 Januari 2013

Bismillahirahmanirrahim...
Assalamualaikum wr wb, 

Selamat datang di blog bunda cinta madu, insyaallah disini para bunda ataupun ayah bisa mendapatkan info - info yang dibutuhkan untuk keluarga tercinta. Siapa sih yang nggak cinta kesehatan, siapa coba yang nggak ingin sehat. bunda yakin semua ayah-bunda pasti ingin seluruh keluarganya dalam keadaan sehat selalu...
tapiii...hmmm..seringkali keinginan gak semudah membalik telapak tangan yaa...so, untuk itulah bunda disini coba untuk berbagi info dan pengalaman buat semua orangtua, atau siapapun yang ingin keluarga ataupun dirinya sendiri selalu sehat, insyaallah. Blog ini dibuat untuk memudahkan para orang tua terutama, dalam menjaga kesehatan buah hatinya walaupun tidak terlepas pula bagi yang tiap orang yang ingin keluarga lain yang lebih dewasa juga dapat info untuk lebih sehat.
Ada ungkapan bahwa nasib sebuah bangsa berada di genggaman anak kecil. hal tersebut memang tidak berlebihan, mengingat bahwa generasi penerus bangsa adalah anak - anak kecil yang tumbuh saat ini. Kualitas pertumbuhan dan perkembangan anak - anak sekarang menjadi  cerminan kualitas bangsa esok. Pertumbuhan dan perkembangan anak menyangkut semua aspek kemajuan yang dicapai oleh tubuh manusia, dari konsepsi (pembuahan) sampai dewasa.
Kebutuhan Nutrisi Anak untuk Pertumbuhan dan Perkembangannya
Peranan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak balita sangatlah penting, meskipun faktor penentu agar anak tumbuh menjadi sehat dan cerdas tidak hanya faktor nutrisi saja. minimal ada tiga hal yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak, antara lain, genetika, lingkungan, dan gizi.
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan otak terganggu sehingga tidak dapat berfungsi maksimal dan akhirnya dapat menimbulkan kerusakan otak antara lain :
1. Tidak sarapan
Sarapan di pagi hari dengan menyantap nasi (karbohidrat tinggi) membuat tubuh mendapat pasokan glukosa yang cukup dalam darah. Glukosa dialirkan ke otak sehingga otak dapat bekerja maksimal.
2. Makanan berlebih
Makan yang berlebihan akan membuat glukosa berubah menjadi lemak jenuh yang akan membebani pembuluh darah otak dan dapat melemahkan kerja otak karena kurang mendapat oksigen dan glukosa yang segar.
3. Rokok
Rokok dan asap rokok mengakibatkan sel - sel otak terbakar  dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer.
4. Penggunaan gula berlebihan
Mengonsumsi gula buatan secara berlebihan dapat mengganggu penyerapan protein dan nutrisi, sehingga otak tidak berkembang dengan sehat.
5. Polusi Udara
Otak adalah pengguna oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Polusi udara dapat menyebabkan pengurangan bekal oksigen ke otak dan keaktifan otak.
6. Tidur berlebihan
Tidur sangat baik untuk mengistirahatkan kerja otak, namun apabila berlebihan (dengan massa tidur yang panjang) dapat menyebabkan sel-sel otak mati, terutama jika kita tidur dalam keadaan menutup muka, maka otak akan lebih banyak menerima karbondioksida dan akan merrusak otak.
7. Jarang melakukan latihan otak
Jarang befikir berarti jarang menggunakan otak, maka akan melemahkan kemampuan otak karena otak tidak berkembang dengan optimal sehingga dapat menyebabkan kebodohan.

Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada masa bayi dan balita membutuhkan asupan gizi yang baik, karena tahap ini akan menentukan perkembangan selanjutnya. Dengan gizi yang baik, seorang anak dapat bertumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat dan cerdas. Tentu Anda menginginkan hal itu bukan?

Next bunda akan share mengenai anak sehat cerdas dengan HDI Honeybee Pollens dan HDI Clover Honey..see you..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar